Aplikasi Belajar Coding Lewat Game Terbaru dari Google - Tech Terpadu
News Update
Loading...

Sunday, April 22, 2018

Aplikasi Belajar Coding Lewat Game Terbaru dari Google

Aplikasi belajar coding

Tech Terpadu- Hallo sobat, kali ini mas suga akan memberikan sedikit informasi mengenai aplikasi terbaru dari google. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi progamer pemula untuk belajar pemograman JavaScript. Aplikasi ini bernama "Grasshopper", dikeluarkan oleh in-house incubtaor atau tempat pelatihan milik Google bernama Area 120.

Menurut salah satu engineer yang membantu dalam pembuatan aplikasi ini, mengatakan jika Grasshopper bertujuan untuk mempermudah para progamer pemula untuk belajar pemograman JavaScript. Bahwa kebutuhan kemampuan akan coding sedang meningkat saat ini.

Aplikasi Grasshopper ini dirancang mudah dalam menjalankannya, membuat pengguna dalam belajar pemograman menjadi . Semuanya, dilakukan dengan menggunakan Puzzle dan kuis sederhana. Sehingga bisa dilakukan di waktu luang.

Aplikasi Grasshopper bisa diunduh diunduh melalui Google Play Store di perangkat Android dan App Store di perangkat berbasis ios.
Kemudian setelah aplikasi terpasang dan masuk menggunakan akun Google, lalu pengguna akan sedikit diberikan kata pengantar tentang apa itu coding. Aplikasi ini akan memberitahukan bahwa bahasa pemograman yang akan dilakukan di aplikasi Grasshopper adalah JavaScript.

Setelah itu, pengguna akan disuguhkan sebuah kuis disertai dengan beberapa pertanyaan. Semakin lama, tingkatan kesulitannya akan semakin tinggi.

Grasshopper

Setelah menyelesaikan kuis tersebut, tahap selanjutnya disebut "fundamental". Di tahap ini pengguna akan diajak mempelajari fungsi, membuat variabel, mengontrol alur kode, dan sebagainya menggunakan JavaScript. Tahap ini akan mempelajarinya melaui media puzzle.

Pada puzzle yang pertama adalah menggambar bendera negara perancis yang berbentuk vertikal menggunakan coding. Di lanjutkan menggambar bendera negara Gabon yang berbentuk horizontal yang memiliki tingkat kesulitan yang semakin tinggi.

Setelah menyelesaikan game, pengguna bisa melihat berapa konsep atau tahapan yang berhasil dicapai dan berapa kunci JavaScript yang telah digunakan. Aplikasi ini juga menawarkan pelatihan, bisa setiap hari atau hanya beberapa hari dalam seminggu.

Tim pengembang Grasshopper, menyebut jika mereka ingin menambahkan materi pembelajaran untuk mengembangkan kurikulum, namun belum menyebut untuk mengajarkan bahasa program lain selain JavaScript.

Menurut Google jika JavaScipt adalah bahasa pemograman yang digunakan lebih dari 70 persen pengembang profesional.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done