Cara Milenial Terbaru Mengatasi Ponsel Lemot - Tech Terpadu
News Update
Loading...

Friday, February 8, 2019

Cara Milenial Terbaru Mengatasi Ponsel Lemot


Cara milenial terbaru mengatasi ponsel lemot- P merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, karena saat ini ponsel menjadi salah satu kebutuhan yang amat penting untuk selalu ada menemani. Jadi tidak salah lagi apabila jika ponsel yang kita miliki mengalami masalah, bisa saja lemot yang biasa terjadi tetapi hal tersebut tidak dianggap penting. Padahal hal tersebut jika didiamkan secara terus menerus pada ponsel dapat mengakibatkan beberapa masalah yang ringan sampai serius.

Apa sih itu lemot?

Lemot ialah suatu keadaan yang biasa terjadi pada teknologi informasi macam ponsek, komputer, laptop, dan lainnya. Biasanya hal tersebut disebabkan banyak hal mulai dari penyimpanan yang penuh ataupun pemasangan aplikasi berlebihan merupakan salah satu hal penyebab daripada lemot tersebut.

Nah dalam ulasan kali ini, kita akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi ponsel yang lemot.

Sebelumnya apa saja sih penyebab ponsel menjadi lemot saat dipakai?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ponsel yang anda pakai menjadi lemot antara lain.

Faktor internal


1. Mengakses beberapa laman secara bersamaan.

Akses laman secara bersamaan termasuk penyebabnya juga. Mengapa? Karena saat membuka atau mengakses laman secara bersamaan pada saat itu pula ponsel akan memacu kinerjanya secara maksimal. Hal tersebut mengakibatkan jika tidak mendukung aktivitas tersebut, maka ponsel akan memberikan beberapa respon yang amat buruk macam lag, lemot, bahkan bisa mati jika terlalu parah.

2. Pemasangan aplikasi yang berlebihan.

Aplikasi merupakan salah satu pelangkap yang diciptakan untuk ponsel agar kinerja bisa tercapai secara maksimal.

Tetapi jika memasang aplikasi terlalu berlebihan, bisa juga menyebabkan ponsel menjadi lemot juga. Hal tersebut jika dipaksakan akan mengganggu kinerja ponsel itu sendiri kedepannya, karena saat ponsel dipasangkan aplikasi baru maka akan mempunyai beban baru untuk menjalankannya.

Bayangkan seperti anda meletakkan sebuah kapas diatasi kertas tipis yang terjanggal samping kanan kirinya, anda perhatikan jika kapas yang berada diatas kertas itu sedikit maka kertas itu tetap kuat dan normal.

Lalu jika anda tambahkan kapasnya lagi sedikit demi sedikit sampai banyak maka apa yang akan terjadi, kertas tersebut akan menjadi kusut, bengkok, ataupun robek.

Lah pada perumpamaan tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bila suatu ponsel dipasangkan aplikasi sedikit maka akan berjalan dengan normal dan jika ponsel tersebut dipasangkan aplikasi yang berlebihan, maka ponsel akan mengalami banyak gangguan atau bahkan rusak.

3. Penyimpanan Penuh.

Penyimpanan ponsel jika tidak dikelola dengan baik maka bisa mengakibatkan beberapa efek negatif yang kemungkinan terjadi. Misal saat anda memakai ponsel tiba-tiba ada pemberitahuan yang biasanya diikuti dengan keadaan lag. Hal tersebut biasa terjadi akibat kinerja ponsel mengalami gangguan yang diakibatkan penyimpanan penuh, menjadikan ponsel tidak memiliki ruang kosong yang bisa digunakan sewaktu-waktu saat ponsel membutuhkan ruang untuk mengurangi beban kinerja yang diterima.

4. Virus

Virus merupakan salah satu masalah besar yang ada di dunia perponselan ini. Mengapa? Bila sebuah ponsel terjangkit oleh virus, maka ponsel tersebut banyak mengalami gangguan salah satunya lemot. Keadaan tersebut terpacu pada kinerja ponsel yang terganggu menjadikan eror di beberapa kinerjanya.

Diantara beberapa faktor internal penyebab ponsel menjadi lemot saat digunakan. Ada pula juga hal yang di picu dari luar antara lain.

Faktor Eksternal


1. Pemakaian yang terlalu lama tanpa ada jeda.

Mengapa bisa terjadi? Hal ini biasanya hanya terjadi pada ponsel yang memiliki prosesor yang bisa dikatakan versi classic. Karena versi keluaran tersebut belum dilengkapi dengan berbagai keunggulan seperti saat ini.

2. Perawatan ponsel yang tidak baik.

Anda pasti tahu jika ponsel tidak dirawat dengan baik akan mengalami masalah. Mengapa kok bisa terjadi? Saat Anda memiliki ponsel, jika dibiarkan saja hanya asal memakainya merupakan suatu kesalahan yang amat besar.

Sebuah ponsel juga membutuhkan perawatan sama halnya Anda memiliki peliharaan kesayangan, maka apabila peliharaan dibiarkan saja maka akan terserang penyakit. Sama dengan ponsel saat dibiarkan juga akan terkena penyakit juga macam virus, lag, bahkan sampai mati tidak bisa digunakan sama sekali.

Nah gimana Anda sudah memahami apa sih penyebab ponsel menjadi lemot saat digunakan pada ulasan di atas. Selanjutnya mari ulas tips cara mengatasi ponsel yang lemot pada ulasan berikut ini.

1. Rawat dengan baik

Dengan merawat ponsel yang Anda miliki dengan baik maka kinerja tidak akan mengalami gangguan saat digunakan. Anda bisa melakukan hal ini.

• Jangan memaksakan apa yang Anda akan install di ponsel. Sesuaikan dengan versi ponsel yang Anda memiliki sebelum menginstalnya. Jika ponsel terlalu dipaksakan untuk diinstall suatu aplikasi atau yang lainnya, maka akan menggangu kinerjanya.

• Hapus file sampah yang terdapat pada ponsel. Jika tidak membersihkan secara rutin maka file tersebut akan menumpuk, bilamana penumpukan tersebut akan mengakibatkan tidak tersedianya ruang kosong untuk ponsel dalam melakukan kinerjanya dengan baik.

• Jangan menggunakan ponsel saat daya dalam keadaan melemah. Mengapa? Pada saat-saat itu ponsel mengalami penurunan kinerja yang mengakibatkan terjadi beberapa gangguan ringan apabila dipaksakan untuk digunakan. Lebih optimal jika daya sudah tersisa 30% maka segeralah mengisinya.

2. Memasang Antivirus

Antivirus merupakan sebuah program yang dirancang khusus untuk melindungi dan membersihkan dari virus yang mengganggu kinerja ponsel saat digunakan atau tidak.

Pemasangan antivirus salah satu hal yang disarankan oleh setiap pemilik ponsel. Karena dengan begitu ponsel akan semakin aman dari gangguan yang mengancam.

3. Hapus aplikasi tidak terpakai

Aplikasi tidak terpakai salah satu penyumbang penyimpanan ponsel menjadi penuh. Maka hapus aplikasi tidak terpakai tersebut agar kinerja ponsel menjadi lebih ringan saat dipakai.

4. Jangan membuka laman secara bersamaan

Pada saat menggunakan ponsel biasanya sering lupa mengakses beberapa laman sekaligus tanpa memberhentikan salah satunya. Hal tersebut bisa juga mengakibatkan ponsel lemot karena terlalu banyak akses yang digunakan dalam satu waktu. Maka akses laman secara teratur sesuai apa yang Anda ingin akses.

5. Jangan terlalu lama ponsel digunakan pada satu waktu

Biasanya saat Anda sudah menggunakan ponsel pasti tidak ingin meninggalkan walaupun sebentar. Hal ini yang biasa terjadi di kalangan masyarakat, maka dari itu jangan terlalu lama dalam penggunaan serta kasih jeda dalam setiap aktivitas bersama ponsel yang dimiliki.

Jika tidak biasanya ponsel akan mengalami lelah kinerja macam kita jumpai disekitar, seekor kuda dijalankan untuk menarik sebuah delman, saat penumpang selagi banyak pasti kuda tersebut dipaksa untuk menarik delman tersebut secara berlebihan. Maka apa yang terjadi kuda tersebut mengalami kelelahan bahkan bisa sakit juga karena hal tersebut. Sama halnya dengan ponsel bila dipaksakan untuk digunakan secara berlebihan tanpa ada jeda, hal tersebut akan menyebabkan gangguan pada ponsel.

Diantara beberapa tips singkat diatasi Anda bisa menarik kesimpulan. Saat Anda memiliki suatu barang, maka rawat dengan baik agar barang tersebut semakin awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Dalam perkembangan teknologi ini semakin hari makin maju, maka sigaplah dalam beraktivitas dengan benda teknologi masa kini.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done