Penjelasan lengkap fagositosis - Tech Terpadu
News Update
Loading...

Saturday, April 14, 2018

Penjelasan lengkap fagositosis

FAGOSITOSIS

fagositosis

Penjelasan fagositosis-Fagositosis adalah suatu mekanisme pertahanan yang dilakukan oleh sel-sel fagosit dengan jalan mencerna mikrobia/partikel asing. Sel fagosit terdiri atas dua jenis, yaitu fagosit mononuklear dan polimorfonuklear. Contoh fagosit mononuklear adalah monosit (di dalam darah) dan jika bermigrasi ke jaringan akan berperan sebagai makrofag. Contoh fagosit poimorfonuklear adalah granulosit yang terdiri atas neutrofil, eosinofil, basofil, dan cell mast (mastosit). Sel-sel fagosit akan bekerja sama setelah memperoleh sinyal kimiawi dari jaringan yang terinfeksi patogen.

Mekanisme fagositosis dapat dijelaskan sebagai berikut.
  • Pengenalan (recognition), mikrobia atau partikel asing terdeteksi oleh sel-sel fagosit.
  • Pergerakan (chemotaxis), setelah suatu partikel mikroba dikenali, sel fagosit akan bergerak menuju partikel tersebut. Pada proses ini mikrobia atau partikel asing mengeluarkan zat yang dapat menarik sel hidup seperti fagosit untuk menghampirinya. 
  • Perlekatan (adhesion), setelah sel fagosit bergerak menuju partikel asing, partikel tersebut akan  melekat dengan reseptor pada membran sel fagosit.  
  • Penelanan (ingestion), ketika partikel asing telah berikatan dengan reseptor di membran plasma sel fagosit, membran sel fagosit akan menyelubungi seluruh permukaan partikel asing dan menelannya ke sitoplasma dalam sebuah gelembung mirip vakuola yang disebut fagosom. 
  • Pencernaan (digestion), lisosom yang berisi enzim-enzim penghancur seperti acid hydrolase dan perioksidase berfungsi dengan fagosom membentuk fagolisosom. Enzim-enzim tersebut mencerna seluruh permukaan partikel asing sampai hancur. Setelah infeksi matinya sel-sel tubuh dan patogen. Sel-sel fagosit yang masih hidup maupun yang sudah mati serta sel-sel tubuh yang rusak selanjutnya akan membentuk nanah. Terbentuknya nanah merupakan indikator bahwa infeksi telah sembuh.  
  • Pengeluaran (releasing), produk sisa partikel yang tidak dicerna akan dikeluarkan oleh sel fagosit.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done