Cara mengatasi smartphone android lemot cepat dan mudah - Tech Terpadu
News Update
Loading...

Monday, April 2, 2018

Cara mengatasi smartphone android lemot cepat dan mudah

Cara mengatasi hp android lemot cepat dan mudah




Cara cepat dan mudah mengatasi hp android lemot-Tak bisa dipungkiri, semakin lama kita gunakan, smatphone Android kesayangan kita lama-lama terasa semakin lemot? Jika dibandingkan ketika pertama kali membelinya, kini mulai terasa terjadi penurunan performa dan kendala yang menjadi penyebab smartphone Android lemot.

Hal ini memang wajar terjadi karena baik smartphone dan perangkat elektronik lainnya akan mengalami penurunan performa seiring usia perangkat itu sendiri. Faktor lain adalah kebiasaan penggunanya, sebagus apapun smartphone jika digunakan sembarangan pasti akan rusak.

Sementara pada smartphone Android yang kita gunakan sehari-hari, penurunan performa juga berlaku. Tanpa kita sadari, dalam sehari berapa jam smartphone Android kita gunakan? Kini orang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berinteraksi dengan smartphone. Berapa jam smartphone kita beristirahat? Berikut ini akan kami pilihkan beberapa penyebab smartphone Android lemot dan cara mengatasinya.

Penyebab Android Lemot

  • Versi OS
Penyebab android lemot juga bisa dipengaruhi oleh versi OS itu sendiri. Kadang kita berfikir hp lemot padahal aplikasi sedikit, nah mungkin karna versi OS sobat. Versi OS akan berpengaruh ketika hp dengan kapasitas RAM dan internal yang rendah menggunakan Versi OS yang tinggi. Sebagai contoh hp android dengan ram 1GB dan internal 8GB menggunakan OS Nougat, pasti akan menjadi penyebab android lemot meskipun versi OS tersebut lebih stabil.
  • Personalisasi
Hal selanjutnya yang menjadi faktor penyebab android lemot dan berat adalah personalisasi. Personalisasi yang dimaksud adalah seperti penggunaan widget yang berlebihan, penggunaan live wallpaper, atau launcher yang berat. Hal tersebut akan memakan ram dan menjadi penyebab android lemot. Memang personalisasi akan memperindah tampilan hp android dimata, tetapi jika spesifikasi kurang memadai pastilah akan menjadi faktior penyebab hp android lemot.
  • Aplikasi di Belakang Layar
Banyaknya aplikasi yang berjalan di belakang layar menjadi salah satu faktor penyebab android lemot dan berat. Dapat dipastikan bahwa aplikasi yang berjalan dibelakang layar ini tentunya akan memakan kapasitas RAM dan kinerja CPU. Hal ini tentu menjadi penyebab android lemot.
  • Memori Internal
Memori internal menjadi penyebab android lemot? Yang menjadi penyebab android lemot dari segi memori internal adalah kapasitas yang tersedia. Jika ruang tersedia kecil pasti akan menjadi penyebab android lemot karena proses caching terjadi di internal android.
  • Memori Eksternal
Pengaruh memori eksternal sebagai penyebab hp android lemot seringkali diabaikan oleh penggunanya. Padahal eksternal juga menjadi faktor penyebab hp android lemot. Pengaruh memori eksternal terletak pada “caching”  pada android. Tanpa adanya memori eksternal, “caching” akan dibebankan pada memori internal yang tentunya akan memperberat kinerja memori internal hingga bisa menjadi penyebab hp android lemot.
  • Cache
Pada dasarnya cache membantu mempercepat dalam menjalankan sesebuah aplikasi. Namun hal itu ketika cache masih berada dibatas wajar, Ketika cache sudah menumpuk terlalu banyak dan terus menumpuk, tentu akan menjadi penyebab android lemot.
  • Spesifikasi Smartphone
Hp lemot padahal aplikasi sedikit. Nah yang paling utama penyebab android lemot adalah spesifikasi smartphone. Yakni pada bagian CPU, GPU, Ram smartphone. Rendah spesifikasi ketiga hal tersebut tentu menjadi penyebab android lemot. Namun sedikit banyaknya ada cara mengatasi android lemot tersebut.

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot

Setelah kita membaca mengenai penyebab lemot hp android sekarang kita akan membahas topik utama, yaitu cara mengatasi hp android yang lemot.
  • Gunakan Versi OS yang Sesuai
Sudah dibahas di bagian penyebab android lemot. Yakni versi OS. Gunakanlah versi OS yang sesuai. Jangan menggunakan OS yang tidak sesuai dengan spesifikasi. Seperti menggunakan Cusrom yang based on OS terlalu tinggi untuk spesifikasi smartphone sobat, hal ini akan menjadi cara mengatasi android lemot yang tepat.
  • Jangan Berlebihan Dalam Hal Personalisasi
Personalisasi akan memperindah hp android. Namun perlu diketahui, personalisasi bisa menjadi penyebab android lemot. Yakni ketika personalisasinya berlebihan. Kurangilah penggunaan widget, live wallpaper dan gunakan launcher ringan. Personalisasi yang baik akan menjadi cara mengatasi hp android lemot.
  • Kill Proses yang berjalan dibelakang layar
Proses dibelakang layar bisa menjadi penyebab android lemot. Untuk mengatasi hp android lemot karena aplikasi dibelakang layar ini, Caranya cukup mudah yakni dengan menuju ke Setelan > Manajemen Aplikasi > Sedang Berjalan > klik Aplikasinya > klik Berhenti (Berbeda pada tiap hp android). “kill” ini bisa dilakukan dengan lebih mudah jika android teman sudah diroot, yakni dengan menggunakan Greenify.
  • Freeze/Disable Aplikasi
Hp lemot padahal aplikasi sedikit. itu yang diinstall, aplikasi sistemnya? tentu banyak. dan Tidak semua aplikasi yang berjalan dibelakang layar bisa dikill, terutama aplikasi sistem. Hal in tentu menjadi penyebab hp android lemot. nah untuk cara mengatasi hp android lemot ini, sobat bisa disable aplikasi melalui info aplikasi atau sobat bisa menggunakan aplikasi Link2SD. Niscaya penyebab android lemot akan menghilang.
  • Install Aplikasi Seperlunya Saja
Semakin banyak aplikasi diinstall, maka semakin sedikit pula ruang bebas memori internal. Dengan sedikitnya memori internal pasti kinerja hp android jadi lemot(sudah dibahas di penyebab android lemot). Ditambah lagi dengan semakin banyaknya penggunaan RAM. Jadi cara mengatasi hp android lemot adalah dengan mengurangi aplikasi-aplikasi di hp android sobat.
  • Pindahkan atau Install Aplikasi ke Memori Eksternal
Sudah dibahas pada penyebab android lemot. Memori eksternal bisa menjadi penyebab android lemot. Cara mengatasi hp android lemot ini yakni dengan memindahkan atau menginstall aplikasi di memori eksternal. Nah ini menjadi cara mengatasi hp android lemot yang cukup baik buat android sobat.
  • Bersihkan Sampah dan Cache
Menjadi penyebab android lemot ialah sampah dan cache yang menumpuk. Cara mengatasi hp android lemot karena samppah dan cache cukup dengan membersihkannya. Proses pembersihan sampah ini bisa dilakukan secara manual dengan menghapus file-file tidak penting teman. Dan untuk menghapus cache bisa menuju ke Setelan > Aplikasi > klik pada Nama Aplikasi > Hapus Cache. Jika keberatan dengan cara manual, teman-teman bisa melakukannya dengan aplikasi pembersih android.
  • Auto-Kill Aplikasi
Autokill akan membantu sobat melupakan penyebab android lemot. Karena autokill secara otomatis menutup paksa aplikasi yang tak terdapat di whitelistnya atau aplikasi yang banyak memakan RAM. Biasanya fitur autokill sudah tersedia sepaket dengan aplikasi pembersih. Cara mengatasi hp android lemot dengan autokill ini rata-rata bekerja dengan cukup baik.
  • Gunakan Aplikasi Premium
Cara mengatasi hp android lemot selanjutnya adalah gunakanlah aplikasi yang premium. Mengapa demikian? karena aplikasi premium biasanya bebas iklan-iklan yang menjadi penyebab android lemot. Jadi pastikan sobat mengutamakan aplikasi premium.

Semua tips di atas dapat di terapkan di hp android teman, baik itu Nokia, Asus, Samsung Galaxy, Xaiomi, Lenovo, Oppo, Acer, Asus Zenfone, Advan, Smartfren Andromax, Sony Experia, HTC, LG, Motorola, Meizu, Vivo, Himax, Polytron, Blackberry dan lain-lain.

Demikian pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi hp android yang lemot. Semoga bermanfaat buat teman-teman dan semoga kinerja hp android teman lebih cepat dan dan tidak lag lagi. Sekian terimah kasih.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done